Nilai setiap mata kuliah di prodi S1 Keperawatan didapatkan melalui evaluasi pembelajaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Evaluasimerupakanpenilaianyang  menunjukkankeadaanataukondisiakhirsaatini (Brown&Knight,1994). Materievaluasidisusunberdasarkantujuanbelajardankompetensiyangharusdicapaiolehpesertadidik.Evaluasi dilakukan dengan menggunakan cara-cara sesuai dengan filosofi keperawatan Islam, tujuan pendidikan, cabang ilmu, bentuk pengalaman belajar yang digunakan, ruang lingkup dan kedalaman bahasan yang dilakukan, serta integrasinya dengan cabang-cabang ilmu lain.Evaluasi dilakukan untuk melihat capaian pembelajaran pada setiap tahapan.

      Evaluasihasilpembelajarandilakukandengantujuan:

  1. Sebagaiumpanbalikpesertadidikdalammeningkatkanusahabelajarnya
  2. Sebagaiunpanbalikbagidosenakanperkuliahanyangdilakukannya
  3. Untukmenjaminakuntabilitas proses pembelajaran
  4. Untukmemotivasipesertadidik
  5. Untukmendiagnosiskekuatandankekuranganpesertadidik

Beberapa metode evaluasi pencapaianpembelajaran yang dapat dilakukan, salah satunya dengan mengukur tingkat kemampuan peserta didik (Miller’s Pyramid):

Skor 1 : Mengetahui dan menjelaskan  (Pengetahuan teoritis mengenai keterampilan ini, baik konsep, teori, prinsip, maupun indikasi, cara melakukan, komplikasi, dan sebagainya)

Skor 2      : Pernah melihat atau pernah mendemonstrasikan  (Memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan dan pernah  melihat demonstrasinya).

Skor 3      : Pernah melakukan atau pernah menerapkan di bawah supervisi (memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan dan pernah  menerapkan keterampilan ini beberapa kali dibawah supervisi.

Skor 4      : Mampu melakukan secara mandiri (memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan ini dan memiliki pengalaman untuk menggunakan dan menerapkan keterampilan ini secara mandiri.

Metodeevaluasiyangdigunakanuntukmengukurpencapaianpembelajaran:

  1. OSCE (ObjectiveStuctured Clinical Examination)
  2. Test Tertulis(Essay, MCQs, Short Answer Question)
  3. Permasalahan(Case Study)
  4. ReflectiveLearning
  5. Observasi
  6. Oral Test
  7. Presentasi
  8. Projek
  9. Laporan