Kurikulum

Kurikulum Program studi S1 Keperawatan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dari Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang disusun dengan pendekatan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2014. Kurikulum Program Studi S1 Keperawatan merupakan kurikulum tahap akademik dari Program Pendidikan Ners. Kurikulum Pendidikan Ners terdiri dari dua tahap, yaitu kurikulum akademik pada program sarjana keperawatan, bergelar Sarjana Keperawatan (S.Kep.) dan tahap kurikulum profesi yang setelah lulus akan memperoleh gelar profesi Ners (Ns.). Kurikulum ini menyatu dan hanya ditujukan untuk menghasilkan Ners sebagai luaran akhir dari sebuah proses pendidikan keperawatan tingkat profesional pertama

Untuk mencapai target profil kelulusan, Program Studi S1 Keperawatan Al-Irsyad Al-Islamiyah Cilacap menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dengan besar beban studi tahap akademik berjumlah 146 SKS dan ditempuh dalam 8 semester.

Besar beban studi tersebut meliputi 80% kurikulum inti yang terdiri dari kurikulum keilmuan dan mata kuliah wajib umum. Sedangkan kurikulum institusi 20% terdiri dari:

  1. Kurikulum Penciri, yaitu : mata kuliah AI-Islam I dan AI-Islam II (Aqidah, Ibadah, Akhlak dan Muammalah), Keperawatan Islami, Bahasa Arab
  2. Kurikulum Keunggulan, yaitu: Isu lokal, Isu global (Ebola, Flu burung, dan SARS) dan Penyakit Tidak Menular (PTM) serta Penyakit Degeneratif yang terintegrasi kedalam mata kuliah KMB I, KMB II, dan KMB III.
  3. Penambahan beban sks pada mata kuliah tertentu